Belajar Dari Lumba-Lumba

Banyak orang yang belajar dari kehidupan hewan2. terutama kodok dan semut, dan banyak hewan lainnya.
sekarang mari kita belajar dari hewan imut dan lucu, si Lumba-lumba.
Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks, dia juga mempunya isifat unik yang berbeda dengan mamalia laut lainnya, antara lain menolong manusia yang kebetulan tersesat atau terombang ambing di tengah laut ( biasanya lumba lumba menolong dan membimbing menuju perairan).

Lumba-lumba hidup berkelompok atau biasa disebut kawanan (kawanan yang lebih sering tampak bersama). Kelompok ini terdiri sebagian besar atas Lumba-Lumba betina-betina dewasa, dan mereka berfungsi sebagai pusat-pusat penyampaian informasi bagi masyarakatnya.

Mereka senantiasa melindungi kelompoknya satu sama lain, prilaku yang sangat penting di kehidupan perairan terbuka dan dekat dengan permukaan. Gaya hidup berkelompok ini sangatlah penting dan memberikan keuntungan untuk bersiaga terhadap mangsa maupun ketika berburu. Hal tersebut berkat arus informasi yang sinambung di kalangan betina-betina dewasa di dalam kelompok, anggota-anggota lain diberikan informasi tentang kedudukan mangsa dan pemangsa, yang membuat kelompok ini dibantu dalam berperilaku secara padu dan kompak.

Mereka selalu menjaga hubungan komunikasi dan saling menjaga kepaduan kelompoknya, dengan begitu mereka membuat para anggota kawanannya mampu bertahan hidup.

Pelajaran yang bisa diambil :
  • Hidup bersosial lebih menguntungkan daripada hidup sendiri-sendiri
  • Saling menjaga dan bekerjasama dalam sebuah kelompok adalah hal yang memperkuat kelompok itu sendiri daripada saling meremehkan dan menjatuhkan
  • So.. Kebersamaan itu penting
Banyak lagi hal yang sobat sobit pasti bisa pelajari dari Lumba-Lumba, lebih dari yang Dhe tahu pastinya.
Keep Together dah  bener ga yah bahasa inggrisnya wikikiki..

31 komentar:

  1. Pelajaran yang berharga buat kita semua
    bagaimanapun kita tidak mungkin bisa hidup sendirian. Tks

    BalasHapus
  2. ayooooooo kita sama-sama, ngumpul-ngumpul kayak luma-lumba, heheh biar bagaimanapun, berdua lebih baik, kalo bersama-sama berisik :D

    contoh yang hebat kau luma2 :)

    BalasHapus
  3. setuju samaa kata katamu yang hidup bersosial lebih baik daripada sendiri sendiri.
    huhu coba kita bisa berteman sama lumba-lumba ya
    :)

    BalasHapus
  4. saya selalu tahu hewan satu ini baik dan ramah. jadi ingat sewaktu kecil pernah dicium lumba-lumba

    BalasHapus
  5. yuuuup...
    mari bersama-sama ngeblog
    ehhh ada hubungannya ga?

    BalasHapus
  6. melihat keunikan binatang, melihat kebesaran Tuhan.

    BalasHapus
  7. gue suka gaya lo heh... bersama kan lebih baik

    BalasHapus
  8. lumba2 itu lucu dan ramah. kyk Dhe. hehhe

    BalasHapus
  9. Setuju banget dhe... hidup bersosial lebih menguntungkan daripada hidup sendiri-sendiri. Sangat cocok lumba2 yg kamu jadikan perumpamaannya

    BalasHapus
  10. lumba lumba itu lucu banget..hehe kunjungi blog ku ya

    BalasHapus
  11. bener banget yang mbak bilang, tapi hidup berkelompok sudah di terapkan oleh kita bertahuntahun yang lalu..

    BalasHapus
  12. Lumba-lumba selain lucu juga bisa memberi contoh yang baik ya.

    BalasHapus
  13. tul tuh dhe.........makanya ada pepatah di indonesia yang bilang "bersatu kita teguh bercerai kita runtuh"............PMP banget nih!!!!!!

    BalasHapus
  14. Thanks Dhe Lumba2 nya, Ayo Jangan mau kalah ah Ama Lumba2...

    BalasHapus
  15. Lumba2 yang jelas Aku Suka Dhe... Makasih Ya...

    BalasHapus
  16. wow.. ternyata lumba2 juga bisa jadi sumber inspirasi juga yah? banyak hal yg bisa dipelajari dari kehidupannya.. ^^ thanks..

    btw, di tempatku ada kompetisi artikel nih, simak infonya di http://www.ceritainspirasi.net/anti-korupsi-blogpost-competition/ - sebuah kehormatan tersendiri bagi saya jika Dhe bisa mengikuti kompetisi ini.. artikel gak harus berat kok.. bisa lewat tulisan simpel namun inspiratif seperti ini.. I luv it!! tak tunggu yah.. ^^

    BalasHapus
  17. satu lagi lumba2 ga suka memangsa temennya sendiri, tapi kalo manusia sering!!!

    jaga kebersamaan, yah itu intinya

    BalasHapus
  18. mo belajar berenang sama lumba-lumba

    BalasHapus
  19. kebersamaan it penting, pas ga ad uang, uang teman diembat, tp pas ada uan ya kaburrrrrrrr

    BalasHapus
  20. saya mau belajar sama anjing aja..he

    salam kenal

    BalasHapus
  21. setuju dhe.. cant live without you dah... *ngikut-ngikut dhe pake bahasa inggris* hihihih

    BalasHapus
  22. makanya ni lumba2 dijadiin lambang pertalian kasih jg kan? hha, kyknya,.

    BalasHapus
  23. Sayangnya di Indonesia di buru d buat umpan memancing ikan paus ya...Saya lihat ini di pulau Kayangan

    BalasHapus
  24. baru sekali seumur idup ngeliat lumba2 di laut
    sueeeeeeeerrr..

    BalasHapus
  25. mantab infonya sobat...memang belajar dari siapa dan apa saja...

    BalasHapus
  26. merasa tidak lebih baik dari yang lain. yang penting tidak sombong. agar bs belajar dari mana saja. orang lain, alam sekitar

    BalasHapus
  27. mampir lihat lumba2.. :-)

    BalasHapus

Trims Buat Yang Sudah Komen di Kanvas Curahan Matahari - Dhe ^_^

Sahabat Matahari

Utak Atik by Dhe