Enamel Itu...

D akan membahas tentang alat dapur berbahan enamel. Yup!! Peralatan masak berbahan enamel yang saat ini sudah banyak digunakan lagi, kembali seperti dahulu saat biasanya nenek-nenek dan sesepuh-sesepuh kita yang memakai.

Definisi Enamel yg mendekati (stelah lelah mencari2) yaitu;
Enamel merupakan bahan organic yang dilapiskan ke kaleng melindungi kontak makanan dengan metal yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan warna dan rasa. Contohnya adalah terjadinya blackening yang diakibatkan oleh reaksi antara besi atau timah dengan sulfide pada makanan yang berasam rendah (berprotein tinggi) ,atau pucatnya pigmen merah pada makanan karena reaksi dengan baja,aluminum,atau timah .

Enamel pada kaleng umumnya berupa bahan non metal yaitu seperti polibutadiena, epoxy, fenolik, epon, oleoresin dan vinil. Dan Enamel terdapat beberapa warna yaitu Gold , aluminize, dan transparent.

Lapisan Enamel aman untuk makanan dan lebih tahan lama, tidak mudah karatan *asal dirawat dengan benar*. Tapi bahan perwarna yang digunakan tersebut mengandung zat kimia misalnya mangan, cadmium, dan sebagainya. Bila terjadi goresan pada lapisan berwarna, bisa menyebabkan terlepasnya ion pada bahan metal. Begitu pula jika dipanaskan pada suhu melebihi 100 derajat Celsius.

Solusinya, rawatlah enamel agar tidak rusak terus menyebabkan karatan. Ya.. usahakan jangan sampai terbentur atau jatuh. Setelah dicuci dengan air sabun hangat, segera tiriskan dan lap hingga kering benar *Air yang tersisa di sela-sela peralatan mudah menimbulkan karat*. Simpan di tempat yang kering. Pokoknya mesti hati-hati dah jangan sampai jatuh, atau tergores.

Sebenarnya beberapa alat masak termasuk dari aluminium atau aluminium foil dapat bereaksi kimia bila terkena asam cuka, asam tomat, asam jawa, asam jeruk, dan bahan2 yang bersifat asam lainnya, tidak hanya menyebabkan perubahan warna dan aroma yang aneh pada makanan, juga bisa menghasilkan racun *misalnya reaksi dengan zat besi pada bayam* yang menyebabkan kanker dan mengeluarkan polymer fume yang berbahaya buat paru-paru.

Saran Kesehatan :
Untuk Memasak sayur mayur atau obat-obatan, agar khasiatnya tidak berkurang sebaiknya menggunakan alat masak berbahan nonreaktif seperti panci tanah, enamel, stainless atau gelas. Jangan deh menggunakan yang berbahan Alumunium 

Oiya, ngomong-ngomong D juga punya ini beberapa peralatan masak enamel, contohnya Saucepan Matahari yang cute, bertemu di CF waktu blanja. hihihihi.. maniskan??



Sumber :

10 komentar:

  1. ooh jadi enamel aman yaa buat pelapis masakan. emang nggak boleh digosok terlalu keras kalo nyuci, apalagi pake sikat besi.. takut lapisannya ntar terkikis

    BalasHapus
  2. wah, panci dari tanah. apa namanya itu ya...(jadi lupa).

    BalasHapus
  3. @Gaphe : bukan plapis makanan phe, tp tu bahan plapis panci. :D, mang gaphe klo nyuci piring pake sikat besi pa? wekekeke

    @Muhammad A Vip : tembikar ya?? duh.. dhe juga lupa vip

    BalasHapus
  4. mentang2 suka matahari. peralatan nya pun ada gambar matahari heheee

    BalasHapus
  5. kompak banget haha, serba matahari B)

    BalasHapus
  6. haaaaa... bagusnya kita masak pake panci tanah liat
    rasanya enak
    tidak berbahaya

    BalasHapus
  7. waaahhhh pancinya cakep
    itu buat masak apa dhe..?
    semoga tidak hanya untuk memasak mie instant ya...:P

    BalasHapus
  8. owwhhh itu bahan enamel yaaa
    baru tau heheee

    BalasHapus
  9. aih baru tau kalo itu bahannya namanya enamel..

    BalasHapus
  10. Enamel aman ko untuk dipakai masak, karena terbuat dari bahan seperti keramik dan tahan asam.

    BalasHapus

Trims Buat Yang Sudah Komen di Kanvas Curahan Matahari - Dhe ^_^

Sahabat Matahari

Utak Atik by Dhe