Meugang dan Menyambut Ramadhan di Rantau

Lagi-lagi tak terasa sudah tiga waktu Ramadhan D sambut di luar Aceh, tiga kali Ramadhan pula D Meugang* sendiri di rantau. 
Meugang* adalah kegiatan menjual daging-bagi pemotong dan penjualnya-, membeli, membagi, memasak, dan memakan daging sapi di setiap rumah di Aceh biasanya dua hari menjelang Ramadhan, menjelang Idul Fitri dan menjelang Idul Adha, tapi ada juga daerah di Aceh yang menyambut meugang sehari sebelum Ramadhan, Idul Fitri atau Idul Adha, seperti Aceh Timur, Peurelak, dan beberapa daerah Aceh lainnya.

*Tentang Meugang lebih jelasnya, sahabat luar Aceh bisa langsung ke Dek Nelva yang sudah mengupas habis tentang Meugang serta nilai Meugang tersebut di sini.

Dan... Saat ini D sedang malaksanakan puasa Ramadhan di Bali, yang suasananya berbeda jauh dengan puasa Ramadhan di Aceh. #Ya.. Iyalah.. Aceh dengan Mayoritas Umat Islam dan Bali dengan mayoritas Umat Hindu .  Tapi tetap senang karena Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk merasakan Ramadhan kali ini. Semoga bisa sampai akhir nanti.

Terus D mau mengucapkan :
Selamat menunaikan puasa Ramadhan 1432 H, D dengan segala sikap yang mungkin pernah menjelma menjadi khilaf dan salah, baik sengaja atau tidak sengaja memohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita bisa menjalankan puasa Ramadhan kali ini dengan sebaik-baiknya dan dengan hati yang bersih pula. 

Maaf lagi karena D baru mengucapkannya sudah telat, tapi semua dengan niat yang tulus kok. hehehe

13 komentar:

  1. jiaahhhhhh.............hari ini menu berbuka apa ya?!?!?!?!

    ikutttt icip-icip dunk hehehehehehe......

    BalasHapus
  2. NB selamat menjalankan ibadah puasa ya?!?!?!!?

    BalasHapus
  3. tetep semangat!! :D

    selamat berpuasa. :)

    BalasHapus
  4. Eh, itu asyik banget yaa kamuuuu!
    puasaan di bali ckck PENASARAN!

    BalasHapus
  5. semacam bang toyib yah, 3 x puasa. gimana gw yang dah 8 x puasa di rantau, di sebut apa yah gw?

    BalasHapus
  6. ramadhan di Bali?
    pasti suasananya special yaaa, beda dengan yang lain.

    selamat menjalankan puasa di Bali
    semoga sukses sampai hari terakhir ramadhan

    mohon maaf lahir batin juga yaaa

    BalasHapus
  7. Selamat Puasaaaa....

    Dija gak puasa,
    hehehehe

    BalasHapus
  8. Tahun ini saya sedang menikmati puasa tanpa sahur malam senin dan malam sabtu di kereta. Alhamdulillah selalu kumpul.

    Nggak apa2 sih puasa bukan di aceh, yang penting masih diberi kesempatan untuk berpuasa

    BalasHapus
  9. Selamat menjalankan ibadah puasa ya.. maaf juga salah2 kata selama ini.

    BalasHapus
  10. Yang namanya dirantau pasti punya sejuta pengalaman yah Dhe... Senangnya punya kesempatan itu ^_^

    BalasHapus
  11. whoaaaaa, nanti insyaallah kita meugang sama-sama kakak :D oia, lebaran dimana kk? apa nggak pulang ke Aceh? kalau pulang kan bisa meugang pas hari raya :D

    amin, selamat berpuasa juga kk, mohon maaf lahit dan batin. :)

    BalasHapus
  12. maaf lahir batin ya Kak :)

    BalasHapus

Trims Buat Yang Sudah Komen di Kanvas Curahan Matahari - Dhe ^_^

Sahabat Matahari

Utak Atik by Dhe