Ramein Syukuran Rame Rame-nya 3 Blogger

Memasuki tahun 2013, sepertinya aku ketagihan buat ikutan GA-GA Blogger.
Kali ini ikutan lagi GA unik yang diadakan 3 Blogger sekaligus yaitu Mama Calvin, Little Dija, dan Mas Hakim dalam Syukuran Rame Rame dengan tema Angka 3.

Untuk itu Dhe akan bercerita tentang Tiga tempat pertama yang bisa dibilang P3K-nya Dhe waktu Tsunami Aceh 2004 lalu.

Tiga tempat yang kebutulan posko mengungsi Dhe sampai keluarga dari Meulaboh yang mencari akhirnya menemukan.

Berikut 3 tempat tersebut :

Tempat pertama yang Dhe singgahi dalam kepanikan dan tak tahu arah tujuan adalah  ATAP RUMAH PENDUDUK yang tersisa dari tingginya air laut yang naik saat itu. Alhamdulillah setelah berlarian mengikuti arus orang yang tak menentu karena di kiri dan kanan jalan terdengar teriakan "air..air.. di sana ada air", maka arah depanlah yang Dhe tuju untuk menyelamatkan diri. Setelah melewati pagar setinggi lebih kurang 3 meter, bertemu rumah penduduk dan terdiam tak tahu lagi mau kemana, muaranya tekanan air membawa Dhe sampai ke ATAP RUMAH PENDUDUK yang berada di daerah Jl. Teuku Nyak Arif, Prada-Banda Aceh, tepat pada perumahan seberang jalan kos-kosan Dhe di Perumnas Lingke saat itu. Kalau ditanya sekarang bagaimana caranya naik kesana, Wallahualam.


Tempat kedua adalah MESJID di daerah Prada yang sedang dibangun saat itu, tepatnya di belakang Asrama Perintis (Lupa nama mesjidnya,hiks..). Tiga jam berada di atas atap yang terdiri dari seng bukan genteng membuat tubuh bagian bawah terasa panas sekali dan karena tak mampu bertahan maka turun adalah satu-satunya jalan sebelum bagian tersebut benar-benar hangus oleh panas matahari yang terserap seng tersebut. Dengan intruksi dari seorang bapak tua yang berjalan kesana kemari mencari korban selamat, akhirnya kami menuju mesjid tersebut dengan berjalan dalam air yang sudah menyusut hingga ke leherku*. Tak terbayang rasanya melihat mesjid menjadi penampungan manusia dengan kondisi yang sudah tak bernyawa, luka parah, dan penuh tangisan, dan disanalah Dhe berdiam diri di dalam mesjid yang masih berlantai semen kasar sambil terus mencoba membaca Qur'an basah. 


Dan Tempat ketiga adalah HALAMAN GEDUNG AAC DAYAN DAWOOD kampus UNSYIAH. Sehari semalam di mesjid dengan berdiam diri membuat perasaan tak tenang, dengan rembukan beberapa kenalan di situ untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, yaitu Keutapang - Aceh Besar atau Darussalam - Aceh Besar.  Dhe dan Kak Desy (teman kos saat pelarian) memutuskan untuk ke Darussalam saja, selain jaraknya lebih dekat juga tak khawatir jika-jika di tengah perjalanan air kembali naik. Setelah berjalan kaki 15 menit, kami bertemu orang yang sedang mengendarai motor dan menawarkan tumpangan jika searah dengannya ke Darussalam (Jika diingat-ingat, Entah darimana dia dapat motor tersebut secara saat itu semua porak-poranda). Alhamdulillah sampai di sana sudah banyak orang yang mengungsi dan bertemu teman-teman yang selamat. Dhe menetap di halaman AAC 2 hari sampai Abang sepupu yang hampir lelah mencari menemukan Dhe tertidur beratapkan langit dan berlantaikan rerumputan. Maklum.. saat itu tak ada yang berani masuk gedung karena gempa masih susul-menyusul.



Ya.. itulah TIGA TEMPAT teraman dalam hidup Dhe saat itu. Posko penyelamat pertama yang begitu berarti.  

Alhamdulillah.. Dhe masih dikasih kesempatan dengan beberapa keajaiban hidup setelah melewati peristiwa besar di Desmber 2004 itu. Meski kehilangan rumah, nenek dan ibu tercinta. Tetapi nafas kehidupan yang masih diberi sampai saat ini adalah anugrah yang wajib disyukuri. :)

POSTINGAN PENUH RASA SYUKUR INI UNTUK MEMERIAHKAN SYUKURAN RAME RAME MAMA CALVIN, LITTLE DIJA DAN ACACICU



*Trims buat google.com untuk beberapa pic di atas
*Note : Tinggiku 166cm


19 komentar:

  1. innalillahi wa innailaihi rodjiun, turut berdukacita ya atas kehilangan nenek dan ibunda saat tzunami,..
    btw-salam sukses selalu ya untuk kontesnya :-)

    BalasHapus
  2. Sukses Ganya ya Dhe..Brsyukur sklali selamat dari Tsunamai Aceh ya Dhe...

    BalasHapus
  3. duh Dhe, merinding baca cerita ini.

    BalasHapus
  4. subhanallaaaahhhh gak bisa membayangkan bagaimana kondisi manusia di masjid itu....
    pengalaman yang luar biasaaa....

    **al fatikhah buat korban tsunami aceh**

    BalasHapus
  5. beruntung sekali Tante masih diberi keselamatan yaa...
    terima kasih postingannya Tante Dhe

    BalasHapus
  6. benar benar pengalaman ajaib, bisa lolos dari terjangan tsunami.
    semoga masyarakat aceh semakin kuat ya

    BalasHapus
  7. Pani ya Dhe pasti saat itu, Allhamdulillah sekarang semua sudah lewat. Terima kasih ya dhe sudah ikutan syukuran rame-rame

    BalasHapus
  8. Saya tdk bisa lagi mengungkapkan kata2 krn musibah di Aceh waktu itu. Tapi Alhamdulillah ya.... Dhe skrg masih sehat walafiat.

    BalasHapus
  9. Moga menang ya... Shunde... ^^

    Eiya, emang mito orihara komik2 true story yak?? lupa, udah lama gabaca...aku juga demen komik2nya mito orihara jadi inget jaman sekolah... Klo gasalah komik2 lama di republish lagi ya...?

    BalasHapus
  10. Mbak Sundhe, terima kasih atas partisipasinya di acara sederhana bertajuk SYUKURAN RAME-RAME.

    Penjuriannya sederhana saja, terdiri atas tiga tahap:

    1. Kesesuaian dengan tema (dan memenuhi persyaratan GA)
    2. Diksi dan penulisan
    3. Imajinasi (sudut pandang, dll)

    Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 1 April 2013

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah.. bisa kenal dengan mbak Dhe.. bisa turut tahu pula sedikit gambaran tentang dahsyatnya Tsunami dari yang mengalami sendiri..

    semoga berjaya di ajang GA-nya mbak Dhe, D, Dc hahaha

    BalasHapus
  12. merinding baca ceritanya Dhe....semoga menang GAnya yaa...

    BalasHapus
  13. Merinding Dhe.. Ngebayangain bagaimana rasanya jk aku pun di tempat saat itu.. Betapa paniknya...

    Tapi subhanallah... Allah msh punya rencana buat Dhe... Smoga ke depan Dhe bs menjalankan kehidupan ini dgn sebaik2nya... Allahumma amin...

    BalasHapus
  14. Gak nyangka kamu termasuk saksi hidup dr peristiwa yg mengerikan itu ya.. Ada hikmah dlm setiap musibah pastinya. Slm kenal dhe :-)

    BalasHapus
  15. Ini sudah membuktikan bahwa rumah allah memang di lindungi dari bencana Subhanallah :)
    Niche blog :)

    BalasHapus
  16. aku salut sama kamu, dek..Dhe hebat euy! maksudku, ga semua orang bisa kuat menghadapi cobaan itu. sip sip...aku jagoin kamu nih. biar menang.

    BalasHapus
  17. Peristiwa 8 tahun yang lalu itu ternyata ada pengalaman tersendiri buat Dhe..

    Semangat menjalanai hidup. turut berduka atas kehilangan nenek dan ibu tercinntanya ..
    sukses GA nya

    BalasHapus

Trims Buat Yang Sudah Komen di Kanvas Curahan Matahari - Dhe ^_^

Sahabat Matahari

Utak Atik by Dhe