Sambal Bongkot Teman Cocok Si Ikan Bakar

Sambal bongkot merupakan sambal khas Bali yang bahan utamanya adalah bongkot atau kecombrang. Di Sumatera kami biasa menyebut kecombrang dengan kincung dan dalam bahasa Aceh biasa disebut kala atau bungong kala.

Berhubung Dhe suka sekali sama sambal bongkot maka Dhe akan berbagi resepnya buat sahabat blogger yang mau mencoba.

Berikut bahan-bahan sambal bongkot* :

  • Bawang merah 8 siung
  • Cabai rawit 15 pcs (Dhe menggunakan lombok setan *sebutan kalau di Ungaran* yaitu cabe rawit yang gendut-gendut dan warnanya lebih terang dari cabai rawit)
  • Batang bongkot / batang kecombrang muda (ambil bagian dalamnya saja yang bewarna putih dan lunak) 4 pcs
  • Jeruk limau (mirip dengan jeruk perut tapi lebih kecil) 2 pcs
  • Minyak goreng 3 sendok makan
  • Garam secukupnya
 

Cara membuat :

  • Kupas bawang merah dan buang kulit luar batang bongkot yang berwarna hijau dengan cara dibelah, ambil bagian dalamnya yang lunak dan berwarna putih.
 
  • Rajang bawang, cabai dan bongkot sesuai selera (setelah semua bahan dirajang, Dhe cincang lagi kecil-kecil agar lebih berbaur :D);
 
  • Setelah semua bahan selesai dirajang, panaskan minyak sebentar di wajan (jangan terlalu panas ya biar ga mudah gosong ;);
  • Masukkan bahan yang sudah dirajang, taburi garam dan oseng-oseng sebentar;
 
  • Angkat, dinginkan, dan beri perasan jeruk limau;
  • Sambal bongkot siap disajikan
  • Selamat mencoba ^o^
 

Karena hari minggu kemarin Dhe dapat rezeki ikan tuna fillet dari tetangga. Jadilah ikan tuna itu Dhe bakar sebagai temannya si sambal bongkot, tapi bakar ikannya menggunakan teflon lho! hehehe :D


Note :
  • Bahan dasar sambal bongkot ini sama halnya dengan sambal matah hanya saja ada tambahan bongkot di dalamnya:
  • Biasanya ada yang menambahkan terasi bakar pada sambal bongkot, tapi Dhe tidak memakainya kali ini
  • Untuk yang tidak menyukai bau kecombrang, bisa diganti dengan batang serai, enak juga kok :D
  • Bongkot ini kaya manfaat lho! sahabat bisa baca di sini
  • Terakhir, maaf kalau gambar di atas kurang jelas, ngeblur atau noise, karena Dhe ambil dari kamera hp :D

18 komentar:

  1. oh iyaa... kalo bongkot aku gak tau, tapi kalo yang pake serai, aku juga sering bikin tuh

    BalasHapus
  2. waduh.. postingan yang sukses membuat saya lapar mbak Dhe

    BalasHapus
  3. wow, keknya enak bgt ni mba:D

    baru ngerasain blogwalking lagi nih :D

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah nyobain. Jadi penasaran.
    Di sini ada kecombrang, yang pink itu kan, Mba? :)

    BalasHapus
  5. bingung nih Dhe, bongkot itu apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Lid, Bongkot itu sama dengan kecombrang atau honje mba :D
      Tuh di atas ada Dhe jelasin. hehehe :D

      Hapus
  6. Wah, sambal bungong kala? wajib dicoba ini Dhe. Makasih yaaa resepnya. :) Sang mangat that nyoe.

    BalasHapus
  7. Yampuun dhe, mbaca postingan ini sambil nelen2 ludah... aku suka anek sambel... yah, kecombrang mah jarang ada.. apalagi yg masih ijo gitu...

    BalasHapus
  8. Aih ngiler. Saya suka sekali makan sambal. Tapi belum pernah pakai kecombrang ...

    BalasHapus
  9. Belum pernah tahu tentang Bongkot :D
    Gugling dulu ah :D

    BalasHapus
  10. Temanku juga ngiming2i sambal bongkot mbak, sayang di semarang belum nemuin ini :(

    BalasHapus
  11. mbak Dhe, bongkot kincung tu rasanya agak asem2 gitu kan?

    kayaknya enak.
    saya ada versi bataknya, dapet dari tetangga, pakai tomat dan kemiri...

    mak nyosss...saking pedesnya.

    BalasHapus
  12. wadewww .. tiap ke sini selalu disuguhi yh yummy .... :)

    boleh jg nih resep sambalnya Dhe ... aku suka sambel soalnya apalagi kl yg pedes :)

    BalasHapus
  13. Mengapa saya datang kemari disiang hari bolong yang sepi... membuat perut berlomba seriosa... "MaaAAAAAuuUUU..!!"

    BalasHapus
  14. wah recomended banget buat di coba niiih :) makasiiihhh . (lombok setannya bikin kepengen

    BalasHapus
  15. yang namanya sambel, dimana2 itu enak, ya :D

    BalasHapus
  16. Artikel ini sangat menarik untuk di simak dan bagus untuk di jadikan referensi

    Obat Vagina Kering
    Obat Pelancar Menstruasi

    BalasHapus

Trims Buat Yang Sudah Komen di Kanvas Curahan Matahari - Dhe ^_^

Sahabat Matahari

Utak Atik by Dhe